kursus mengemudi majalengka
Fungsi Rem Cakram pada Kendaraan


Rem cakram adalahperangkat pengereman pada kendaraan bermotor yang terdiri dari piringan yang tercipta dari logam,. Piringan logam ini akan diapit oleh kampas rem (brake pad) yang didorong oleh suatu torak yang terdapat dalam silinder roda. Untuk mengapit piringan ini kampas rem membutuhkan tenaga yang kuat. Oleh karena tersebut rem cakram dilengkapi dengan sistem hidrolik. Sistem ini terdiri dari master silinder, silinder roda,l reservoir untuk lokasi oli. Pada kendaraan roda dua saat handel rem di tarik, bubungan yang ada pada handdel rem akan mengurangi torak yang ada pada master silinder. Torak ini bakal mendorong oli rem kearah drainase oli. Kemudian masuk kedalam silinder roda. Pada unsur torak sebelah luar dipasang kampas yang akan mengapit piringan metal dengan memanfaatkan gaya ke arah luar yang dimunculkan oleh desakan oli rem tadi. sampai-sampai cakram/ piringan dan kampas rem terjadi gaya gesek yang kuat. urusan ini bakal menimbuklan melambatnya laju piringan atau cakram tersebut.

Komponen rem cakram merupakan :
1)-master rem
Master rem ini bermanfaat sebagai penekan minyak rem. sebab sistem kerja dari rem cakram ialah tekanan minyak rem terhadap kaliper rem.di dalam master rem ini ada sejumlah komponen yang menempel.yaitu :
-sebuah bak penampung minyak rem.
-kemudian handle sebagai penekan piston
-pegas sebagai memantul handle supaya kembali ke posisi semula
-piston atau penekan.
alat ini lah yang bermanfaat sebagai pendahuluan dan penutup lubang aliran minyak rem yang terdapat di bak penampung.setelah membuka lubang lantas piston ini mengurangi minyak rem ke arah kaliper.
2)-Selang
Selang ini bermanfaat sebagai distributor dari minyak rem yang mendapat desakan dari piston di kaliper.
3)-kaliper rem
Setelah minyak melewati selang lantas berlanjut ke kaliper rem.di kaliper rem ini terdapat batang penekan atau piston lagi.fungsinya untuk mengurangi kampas rem atau sepatu rem.
Ada pelbagai jumlah piston dalam kaliper,ada yang memakai satu piston saja terdapat dua,tiga bahkan empat.tapi kegunaannya tetap sama yaitu mengurangi kampas rem.
4)-kampas rem/sepatu rem
Tekanan berlanjut ke kampas rem.kampas seringkali terbuat dari gabungan asbes yang di format sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gesekan dan cengraman yang paling kuat terhadap piringan atau disc.
Di dalam suatu kampas seringkali ada garis-garis atau alur.fungsinya untuk meminimalisir panas dampak gesekan selain tersebut juga sebagai tempat pengasingan serpihan kampas yang terkikis dampak geseka.
4)-piringan (disc)
Tekanan dari kampas rem berlanjut di piringan cakram.karna kedua kampas rem mengapit dengan kuat suatu piringan cakram maka terjadilah gesekan yang dapat memperlambat laju kendaraan.
5)-minyak rem
Minyak rem sebagai media atau perantara tekanan.untuk kualitasnya minyak rem seringkali diganti masing-masing 15.000 km atau 1.5 th sekali (dalam suasana normal). Di samping mengubah minyak rem, master rem pun perlu di bersihkan. Hal ini untuk mengawal agar, reservoir lokasi minyak rem tidak jarang kali bersih dan bebas karat. Angin yang masuk ke dalam master rem atau juga selang minyak rem pun perlu di buang, urusan ini guna menjaga supaya daya pengereman maksimal, tidak ngempos.

Demikian tulisan tentang Fungsi Rem Cakram pada Kendaraan semoga berfungsi dan untuk meningkatkan wawasan sobat sekalian.