Unordered List

header ads

Mustika wangi-Cara Menyetel Klep Motor Yang Benar Agar Jarak Klep Pas

kursus mengemudi majalengka
Cara Menyetel Klep Motor Yang Benar Agar Jarak Klep Pas



Cara Menyetel Klep Motor – Sehubungan dengan banyaknya pembaca meminta atau menanyakan ke admin mengenai teknik menyetel klep motor, maka dari tersebut untuk membalas pertanyaan semua pembaca setia otosite.net pada waktu kini ini admin bakal mencoba membicarakan Cara menyetel klep motor secara menyeluruh dan jelas. Jadi guna sobat yang hendak mengetahui bagaimana Cara menyetel klep motor yang benar, ayo simak ulasan lengkapnya dibawah ini.
Katup atau yang tidak jarang kita sebut klep adalahsalah satu komponen pada mesin motor yang memiliki sifat dinamis yang seringkali terpasang dikepala silinder. Meskipun ukuran klep tidak terlampau besar namun eksistensi klep atau katup pada mesin motor sangatlah urgen demi lancarnya kinerja mesin motor. Karena klep ini berada pada zona pembakaran bahan bakar pada mesin.

Untuk faedah klep motor yang sangat utama yaitu guna membuka dan memblokir pintu drainase masuk gas dari karburator ke ruang bakar yang dilanjutkan ke silinder, sementara untuk faedah klep EX sendiri guna membuka serta memblokir saluran gas buang yang seringkali terhubung dengan knalpot. Melihat faedah klep motor tersebut, maka telah sewajarnya bila kita mesti memantau situasi dari klep tersebut sendiri.
Dan persoalan yang biasanya terjadi pada klep motor yaitu evolusi setingan klep tersebut sendiri.Ada dua persoalan setingan klep motor yang tidak jarang terjadi yaitu gap jarak klep yang terlampau renggang dan jarak klep yang terlampau rapat. Dari kedua masalah setingan klep motor itu mempunyai efek masing masing pada kinerja mesin. Berikut ini Eefek jarak klep yang terlampau rapat dan terlampau renggang.
Akibat Jarak Yang Terlalu Renggang
*Mesin motor tidak dapat stasioner atau langsam
*Kinerja motor bakal tersendat terutama pada putaran tinggi
*Mesin motor cepat panas dan tenaga loyo
*Jika dihidupkan bakal timbul bunyi ngelitik
*Motor sulit dihidupkan
Akibat Jarak Yang Terlalu Rapat
*Konsumsi bahan bakar lebih boros
*Mesin motor tidak dapat stasioner atau langsam
*Performa mesin motor berkurang alias lonyo
*Susah guna dinyalakan
*Kompresi pada motor menjadi tidak cukup sebab bocor.

Itulah efek atau dampak setingan stel klep yang tidak seimbang sebab terlalu renggang dan terlampau rapat. Dan tidak dapat dipungkiri teknik menyetel klep motor ini lumayan susah terutama untuk mereka yang tidak tak asing atau jarang mengotak atik mesin. Karena dalam menyetel klep motor butuh pengetahuan yang luas dan ketelitian, tetapi untuk mempermudah sobat yang hendak belajar menyetel klep motor sendiri. Berikut ini kami berikan Bagaiamana teknik menyetel klep motor yang benar dan pas.

Cara Menyetel Klep Motor Yang Benar
Hal kesatu yang perlu dilaksanakan ketika hendak menyetel klep motor yakni dengan membuka terlebih dahulu tutup klep motor pada unsur bawah dan atas
Kemudian dilanjutkan dengan membuka tutup yang terdapat di bak magnit, pada lazimnya ada dibagian tengah dan atas bak magnit motor yang berbentuk bulat, besar serta kecil kemudian buka gunakan obeng biasa.
Jika seluruh sudah terbuka, tempatkan piston pada titik mati atas atau yang dikenal dengan TMA serta noken as pada posisi netral. Untuk metodenya putarlah magnet secara bertentangan arah jarum jam serta sambil meneliti silinder atas atau piano klep di posisi mengurangi tiang klep. Dan usahakan pada ketika memutar piano klep posisinya mengurangi pada tiang payung klep dan usahakan posisi piano klep pun menekan tiang klep unsur api lebih dahulu yang menuju knalpot, kemudian putar lagi magnetnya hingga piano klep mengurangi pada tiang klep payung klepa atas kemudian lihat posisi TANDA TOP pada magnet dengan kode huruf “T”. Jika telah terlihat huruf itu berarti posisi piston pada TMA dan Noken As Posisi netral di posisi netral.
Langkah selanjutnya yakni dengan mengupayakan menggoyangkan klep ke kiri dan kanan atau atas dan bawah. Apabila masih terasa longgar, usahakanlah kencangkan pulang dengan teknik mengkendurkan baut stelan klep serta memutarkan baut setelan klep guna posisi jarak yang sesuai. Namun yang butuh di ingat tidak boleh terlalu mengurangi tiang klep guna menghindari motor sulit hidup yang diakibatkan kompresinya bocor.
Dan andai menyetel klep motor dengan menggunakan alat ukur fuller maka ukuran pada klep motor bebek yakni 0,03 hingga 0,05 mm, sedangkan untuk motor sport 0,07 hingga 0,10 mm dan eksklusif motor satria fu ukurannya yakni 0,10 s/d 0,15 mm.
Mungkin tersebut saja yang dapat kami sampaikan untuk sobat seluruh bersangkutan Cara Menyetel Klep Motor yang benar dan pas, gampang mudahan saja dengan adanya info itu memberikan fasilitas kepada sobat bila hendak menyetel klep sendiri. Untuk meningkatkan wawasan perbengkelan, sobat dapat juga menyimak Cara Memasang Kampas Kopling Motor dan Ciri Kampas Kopling Motor Habis.

Posting Komentar

0 Komentar