kursus mengemudi majalengka
Jenis Lampu - Lampu Pada Mobil Dan Cara Pengoperasiannya


Sistem penerangan pada kendaraan sangatlah penting. Karena dengan adanya sistem penerangan yang ada, semua pengendara bakal merasa nyaman. Di samping bermanfaat untuk para pengemudi, pun bermanfaat untuk para pengendara lainnya yang berada di dekat kendaraan kita.

Sebagai seorang pengemudi yang baik, tentunya anda harus memahami kapan dan dimana lampu-lampu pada kendaraan dinyalakan. Jangan sampai anda sembarangan dan tidak taat aturan dalam menghidup matikan lampu-lampu pada kendaraan yang sedang anda kendarai. Karena andai salah akan berdampak fatal terhadap kendaraan anda dan orang kendaraan beda yang terdapat disekitar.

Swith Dimmer
Oleh karena tersebut kita mesti memahami bagaimana teknik pengoperasian dan kapan lampu tersebut di hidup matikan cocok dengan etika berkendara yang baik.

Baiklah, inilah ini sejumlah lampu-lampu yang terdapat dikendaraan yang perlu kamu ketahui, yakni

1. Lampu Kepala
Lampu Kepala dan Lampu Kota
Lampu kepala bermanfaat sebagai lampu utama penerangan pada unsur depan mobil. Karena kegunaannya yang paling penting, lampu ini mesti dihidup matikan cocok dengan suasana jalan. Terutama pada situasi berkabut pada siang hari atau pada malam hari. Pada lampu kepala terdapat 3 sistem kerja yang mesti anda ketahui yakni :

a. Lampu Jarak DekatLampu jarak dekat dipakai untuk kondisi-kondisi normal pengendaraan. Adapun jarak lampu dekat yakni sekitar 40 M. Cara pengopreasiannya yakni dengan memutar 2 klikan swit dimer yang sedang di cabin didekat roda pengemudi.

b. Lampu jarak jauhLampu jarak jauh dipakai pada kondis-kondisi jalan yang tanpa penerangan atau berkabut tebal. Di samping sebagai penanda untuk pengendara lain bakal kendaraan kita, pun sebagai jarak pandang untuk para pengemudi. Adapun jarak lampu jauh yakni sekitar 100 Meter. Cara pengoperasiannya yakni dengan mendorong kedepan switch dimmer.

c. Lampu tembak ( Flash )Lampu tembak atau lampu flash adalahlampu jarak jauh, dimana pada posisi ini kedua lampu (lampu dekat dan jauh) sama-sama hidup. faedah lampu ini dipakai pada kondisi-kondisi insidental, seperti saat akan menyalip kendaraan dan pun kode-kode tertentu.

2. Lampu Kota
Lampu kota adalahlampu kecil yang berada dalam satu lokasi tinggal dengan lampu kepala. Di samping letaknya di depan, lampu kota pun ada dilampu belakang bersatu dengan lampu rem ( 1 bola lampu / 2 filamen). Lampu ini dihidupkan saat kondisi jalan tidak terlampau gelap ataupun terang. Lebih seringnya dihidupkan pada situasi sore hari. Pengoperasiannya yakni dengan teknik memutar 1 klikkan switch dimmer.

3. Lampu Belok Lampu belok sebagai penanda untuk para pengendara beda bahwa kendaraan yang anda kemudikan
akan berbelok ke kanan ataupun ke kiri. Cara pengoperasiannya yakni dengan teknik menekan kebawah ataupun keatas cocok dengan arah belok kendraan. Swith bakal kembali ke posisi normal tanpa mesti anda tekan, namun akan kembali laksana semula andai posisi roda kemudi lurus ( berada pada jalan yang lurus).

Di samping itu, lampu belok pun bisa bermanfaat sebagai lampu Hazard. Lampu hazard ialah dimana situasi lampu belok kanan dan lampu belok kiri hidup berbarengan. Lampu hazard dipakai pada ketika kendaraan-kendaraan pada posisi darurat, parkir dipinggir jalan, pawai dan pun pada jalan lurus di percabangan empat. Pengoperasian lampu hazard dengan mengurangi tombol lampu hazard yang terdapat tanda segitiganya.

Swith Lampu hazard

4. Lampu Cabin ( ruangan )
Lampu kabin sering pun disebut sebagai dome light, letaknya yang didalam ruangan, lampu ini membatu semua penumpang yang memerlukan penerangan di saat-saat tertentu. Pengoperasian lampu ini pun harus cocok dengan etika berkemudi yang baik.
Swith Lampu Cabin

a. Pada ketika perjalan malam, usahakan lampu kabin dalam situasi OFF, kenapa demikian ? karena andai dalam posisi ON, pengemudi bakal terkurang konsentrasinya sebab cahaya lampu didalam ruangan yang lebih cerah dibanding cahaya yang sedang di luar kendaraan.

b. Gunakanlah mode "DOOR", dengan memposisikan swith pada posisi Door, maka saya dan anda bisa mengetahui posisi pintu unsur mana yang tidak cukup ketat. Karena pada posisi DOOR, andai ada pintu yang tidak terkunci dengan baik, lampu bakal hidup yang menandakan ada di antara pintu yang tidak cukup ketat.

Mode :
OFF -- Pada posisi ini lampu bakal mati, baik dalam situasi pintu tersingkap ataupun tertutup
ON -- Pada posisi ini lampu bakal hidup, baik dalam situasi pintu tersingkap dan tertutup
DOOR -- Pada posisi ini lampu bakal hidup andai pintu terbuka, dan lampu mati andai pintu tertutup

5. Lampu Mundur
Lampu mundur berada pada unsur belakang mobil. Kita ketahui bersama, pada lampu belakang terdapat 3 warna lampu yang bertolak belakang yaitu Merah, kuning dan putih. Warna merah yakni lampu kota yang bersatu dengan lampu rem. Warna kuning yakni lampu belok beserta lampu hazard. Dan warna putih yakni warna lampu mundur. Jadi bila kamu berada dibelakang mobil yang lampu putihnya hidup, maka kendaraan itu akan mundur. Pengoperasian lampu mundur secara otomatis bakal hidup andai posisi transmisi pada posisi R ( mundur ).