kursus mengemudi majalengka
Jenis-jenis Pola Tapak Ban ( Tread )

Tread (tapak ban) diciptakan dengan sekian banyak  macam pola dengan destinasi antara lain melemparkan air, meminimalisir suara mendesis dan menanggulangi sekian banyak  faktor yang timbul sebab kondisi permukaan jalan serta jenis kendaraan yang menggunakannya.

Adapun sejumlah jenis tread (tapak ban) pada ban mobil yakni :

1. Pola Rib


Rib berbentuk sejumlah alur zig-zag paralel yang mengelilingi ban. Pola ini sangat sesuai untuk berlangsung di jalan dengan permukaan yang rata pada kecepatan tinggi (highway) untuk berbagai jenis mobil, mulai mobil penumpang kecil laksana bus dan truck.
Karakteristik

Pola Rib memiliki tahanan gelinding (rolling resistance) yang kecil untuk ban, side-slipping resistance lebih banyak sehingga kendaraan lebih gampang dikendalikan, suara yang dimunculkan oleh ban kecil, namun tenaga tariknya tidak cukup baik bila dikomparasikan dengan ban yang memakai pola Lug.

2. Pola Lug
Alur pola Lug ialah tegak lurus terhadap garis keliling ban. Pola ini tidak sedikit dipakai pada kendaraan - kendaraan konstruksi dan truck, dan pola tread ini sesuai untuk berlangsung pada jalan yang tidak rata dan empuk (jalan tanah).
Karakteristik

Pola Lug memiliki tenaga tarik yang baik, tahanan gelinding (rolling resistance) ban lumayan tinggi, tahanan terhadap side-slipping lebih kecil, tread pada wilayah Lug lebih gampang aus tidak merata, dan suara ban lebih besar.

3. Pola Rib dan Lug
Pola ini ialah gabungan dari Rib dan Lug dengan destinasi untuk membetulkan kestabilan pengemudian, dan tidak sedikit dipakai pada ban-ban bus dan truck, dan sesuai dijalankan pada jalan yang rata maupun tidak rata (jalan berpasir dan berbatu).
Karakteristik

Pola Rib yang melingkar pada keliling ban menstabilkan kendaraan dengan mengurangi bisa jadi side slipping, sementara pola Lug pada tepi ban memperbaiki keterampilan pengendaraan dan pengereman. Bagian lug pada pola ini bakal lebih cepat aus tidak merata.

4. Pola Block
Pada pola ini, tread terbentuk dari Block yang berdiri sendiri (bebas). Pola ini tidak sedikit digunakan pada ban-ban salju, dan kini pola Block mulai dipakai pada ban radial-ply guna mobil-mobil penumpang.

Karakteristik
Pola Block mempunyai keterampilan pengendaraan dan pengereman yang lebih baik, meminimalisir slipping dan skidding pada jalan yang tertutup lumpur atau bersalju, ingin lebih cepat aus andai dibanding dengan pola Rib dan Lug, rolling resistance tidak banyak lebih besar, dan tread lebih gampang aus tidak beraturan, khususnya pada permukaan jalan yang keras.