kursus mengemudi majalengka
6 Motor Matic Paling Irit Berteknologi Injeksi Terbaru 2019


Motor Matic Paling Irit – Dahulu tidak sedikit orang yang menyinggung bahwa motor matic paling boros bensin, bahkan tingkat keborosannya di samakan dengan motor sport ber-cc besar. Namun sekarang teknologi mesin semakin canggih, sebab rata-rata sudah dilengkapi mesin berteknologi fuel injection yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan membuatnya semakin ramah lingkungan. Bahkan ketika ini, nyaris semua motor matic di Indonesia sudah dilengkapi sistem pembakaran Ijeksi, sehingga memastikan keiritan bahan bakar yang dipakainya.
Setiap pabrikan sepeda motor mempunyai sebutan bertolak belakang untuk teknologi Fuel Injection yang digunakan pada motor matic buatannya. Sebagai contohnya ialah Honda yang menyerahkan nama PGM-FI, dan Yamaha yang menyebutnya sebagai teknologi Blue Core. Pada dasarnya teknologi Injeksi adalahsebuah inovasi yang menjadikan sistem pembakaran lebih sempurna, sampai-sampai otomatis menigkatkan efisiensi bahan bakar. Di samping itu, teknologi ini pun meningkatkan kinerja mesin dengan teknik mengurangi gesekan dan menstabilkan suhu mesin.
Sangat susah untuk memilih motor matic paling hemat di Indonesia, sebab setiap motor mempunyai kapasitas mesin berbeda-beda. Bahkan sejumlah diantaranya mempunyai kapasitas mesin menjangkau 125cc dan 150cc, sampai-sampai tenaga yang dikeluarkan bakal lebih besar, dan dapat digeber dengan nyaman ketika berkendara pada kecepatan tinggi. Namun tidak saja efisiensi mesin dan tenaga prima yang ditelusuri pecinta otomotif tanah air, tetapi motor matic dengan desain desain stylish dan sporty.

Setiap orang tentunya mempunyai selera berbeda-beda dalam memilih motor matic paling hemat di Indonesia. Namun akhir-akhir ini, motor matic dengan desain retro, laksana Honda Scoopy dan Yamaha Fino sedang menjadi trends center baru di Industri otomotif tanah air, terutama untuk tipe sepeda motor matic. Untuk sobat otomotif yang tertarik melakukan pembelian salah satu motor matic Injeksi, dan hendak tahu berapa harga serta keiritan mesinnya, silahkan simak informasi Kumpulan motor matic paling hemat yang dirangkum otomaniac.com inilah ini.
                                      Kumpulan Motor Matic Paling Irit Terbaik
Motor Matic Paling Irit Terbaik
Motor Matic Paling Irit Terbaik
1. Honda Vario 150 Esp
Mesin                           Konsumsi BBM : 52.9 km / Liter
                                     Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
                                     Isi Silinder : 150 cc
                                     Tenaga Maksimal : 9,3 kW / 8.500 rpm
                                     Torsi Makimal : 12,8 N.m / 5.000 rpm
                                     Sistem bahan bakar : Fuel Injection
                                     Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga                           Rp 20.500.000 (Exclusive Type)
                                    Rp 20.350.000 (Sporty Type)

Mesin besar berkapasitas 150cc tak menghalagi Honda Vario 150 eSP sebagai di antara motor matic paling hemat di Indonesia. Berbekal mesin 4 tahapan SOHC yang dilengkapi sistem pendingin cairan, motor ini mempunyai konsumsi BBM dengan rasio 1 liter guna menempuh jarak 52.9 km. Keiritan Honda Vario 150 eSP sebetulnya tak lepas dari teknologi PGM-FI yang mengoptimalkan sistem pembakaran Vari 150 eSP supaya lebih ramaha lingkungan dan cocok dengan standard emisi Euro 3. Di samping itu, motor ini pun dilengkapi fitur Idling Stop System yang secara otomatis dapat mematikan mesin dan menghidupkannya pulang dalam hitungan sejumlah detik saja.

Honda Scoopy 
2. Honda Scoopy Esp
Honda Scoopy
Mesin                          Konsumsi BBM : 61.9 km / Liter
                                   Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
                                   Isi Silinder : 108,2 cc
                                   Tenaga Maksimal : 8,7 PS / 7.500 rpm
                                   Torsi Makimal : 9.1 N.m / 6.000 rpm
                                   Sistem bahan bakar : Fuel Injection
                                   Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga                         Rp 16.650.000 (Scoopy eSP Sporty)
                                   Rp 16.650.000 (Scoopy eSP Stylish)

Motor matic paling hemat di Indonesia selanjutnya ialah tipe Honda Scoopy Esp. Motor dengan desain retro itu hanya perlu 1 liter bensin guna menempuh jarak 61.9 km, sampai-sampai membuatnya menjadi di antara motor matic Injeksi teirit ketika ini. Kehebatan mesin motor ini tak usah diragukan lagi, sebab membawa teknologi Esp “Enhanced Smart Power” yang dapat meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan mengurangi energi terbuang, sampai-sampai mengoptimalkan performa kendaraan. Di samping itu, Honda pun memberikan teknologi CBS, PGM-FI, serta teknologi ISS yang bermanfaat untuk meminimalisir emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar saat sepeda motor ini berada pada situasi diam.

Yamaha Mio M3 125 Blue Core
3. Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Mesin                         Konsumsi BBM : 60.3 km / Liter
                                   Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, Blue Core
                                   Isi Silinder : 125 cc
                                   Tenaga Maksimal : 7,0 kW / 8000 rpm
                                   Torsi Makimal : 9,6 Nm / 5500 rpm
                                   Sistem bahan bakar : Fuel Injection
                                   Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga                          Rp 14.700.000

Yamaha Mio M3 125 Blue Core menawarkan fitur-fitur canggih, dan salah satunya ialah fitur Eco Lamp Indicator yang bermanfaat untuk mempermudah konsumen mengontrol pemakaian bahan bakar motor matic Injeksi ini. Di samping itu, motor ini pun dibekali mesin modern yang mengadopsi mesin 4 tahapan SOHC dengan sistem pendingin udara serta mempunyai kapasitas silinder sebsar 125 cc. Mesin itu terbukti paling irit, dan informasinya mempunyai rasio konsumsi BBM 1 liter guna menempuh jarak 60.3 km. Tak melulu itu saja, motor ini pun menawarkan desain canggih yang terkesan lebih futuristik dan stylish. Kemudian guna tenaganya, dapat mengeluarkan tenaga
maksimum sebesar 7.0 kw dan torsi menjangkau 9.6 Nm.

Suzuki Nex Super FI
4. Suzuki Nex Super Fi
Suzuki Nex Super FI
Mesin                         Konsumsi BBM : 82.6 km / Liter
                                   Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, Blue Core Technology
                                   Isi Silinder : 113 cc
                                   Tenaga Maksimal : 9.4 PS / 8800 rpm
                                   Torsi Makimal : 8,7N-m/ 6500 rpm
                                   Sistem bahan bakar : Fuel Injection
                                   Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga                         Rp 12.650.000

Sama laksana motor matic paling hemat yang kami rekomendasikan diatas, Suzuki Nex Fi pun dilengkapi mesin berteknologi Fuel Injection yang menciptakan motor matic ini mempunyai emisi gas buang lebih rendah, serta menambah Efisiensi BBM menjadi lebih irit dikomparasikan motor matic sekelasnya. Lebih hebatnya lagi, teknologi Injeksi yang diberi nama Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection pernah mencatatkan rekor pemakaian bahan bakar bensi 82.6 km per liter, sampai-sampai membuatnya sebagai di antara motor matic paling hemat di Indonesia. Walaupun begitu, semuanya tergantung dari tingkat kecepatan kamu menggeber motor ini, karena diperlukan kestabilan kecepatan guna meraih keiritan mesin yang optimal.

Honda BeAT eSP
5. Honda BeAT eSP
Honda BeAT eSP
Mesin                        Konsumsi BBM : 73.5 km / Liter
                                  Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
                                  Isi Silinder : 108,2 cc
                                  Tenaga Maksimal : 6.38 kW / 7.500 rpm
                                  Torsi Makimal : 9,01 Nm / 6.500 rpm
                                  Sistem bahan bakar : Fuel Injection
                                  Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga                         Rp 14.700.000 (Honda BeAT eSP CBS)
                                   Rp 15.200.000 (Honda BeAT eSP CBS ISS)
                                   Rp 14.500.000 (Honda BeAT eSP CW)

Honda Beat sukses menyabet gelar sebagai motor matic paling hemat untuk ruang belajar 110 – 115 cc di Otomotif Award pada tahun 2009 hingga 2010. Penghargaan itu tak lepas dari pencapaian konsumsi bahan bakar 73.5 km/liter melewati mesin 4 Langkah SOHC dengan sistem pendingin udara. Tentunya keiritan Honda Beat ketika ini jauh lebih baik, sebab Honda telah menambahkan teknologi eSP yang berpadu dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI) sampai-sampai performa mesin tetap bertenaga, dan dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 8.68 ps pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimum 9,01 N.m pada 6.500 rpm. Di samping itu, Honda pun menyediakan tidak sedikit sekali varian Honda Beat, mulai dari versi Beat Esp dengan varian CW, CBS, ISS, dan varian BeAT POP eSP

Yamaha New Fino 125 Blue Core
6. Yamaha New Fino 125 Blue Core
Yamaha New Fino 125 Blue Core
Mesin                        Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, Blue Core Technology
                                  Isi Silinder : 125 cc
                                  Tenaga Maksimal : 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm
                                  Torsi Makimal : 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm
                                  Sistem bahan bakar : Fuel Injection
                                  Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga                         Rp 16.250.000

Di samping Mio M3 125 Blue Core, Yamaha pun mempunyai motor matic paling hemat dengan mesin berkapasitas 125 cc, yakni tipe Yamaha New Fino 125 Blue Core. Kehebaan motor ini dianggap 50% lebih irit dikomparasikan Yamaha Fino yang menggunakan sistem pembakaran karburator. Padahal kapasitas mesinnya bertambah dari 110cc menjadi 125cc dan mengadopsi mesin satu silinder SOHC yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum 9.52 ps dan torsi menjangkau 9.6 N.m. Berbekal mesin lebih irit, dan desian lebih stylsih, motor matic berteknologi Blue Core dan mempunyai fitur Eco Indicator tersebut, tentunya dapat menjadi opsi tepat untuk sobat otomotif yang menggali motor matic paling hemat di Indonesia.

Sebenarnya masih tidak sedikit lagi motor matic paling hemat di Indonesia yang dilengkapi mesin berteknologi Injeksi, laksana Yamaha All New Soul GT, Yamah NMAX, Honda Vario 125 eSP, dan Vario 110 eSP. Namun menurut keterangan dari kami ke-enam motor matic yang kami rekomendasikan diatas adalahyang terbaik dari yang terbaik dalam hal efisiensi bahan bakar dan kecanggihan mesin yang dibawanya. Mungkin tingkat rasio konsumsi BBM yang kami ucapkan akan bertolak belakang ketika sobat mencobanya secara langsung, karena hal kecepatan berkendara ataupun suhu mesin bakal sangat dominan terhadap keiritan suatu sepeda motor matic. Bagaimana sob, tertarik melakukan pembelian motor matic paling hemat yang mana ? “SALAM OTOMOTIF”