kursus mengemudi majalengka

Mengapa Komponen Assesoris Mati Saat Mobil Di Stater ? 


Mungkin sekitar ini anda tidak -pernah menyadari kenapa komponen assesoris mati ketika mobil di stater. Adapun komponen-komponen assesoris pada mobil laksana audio, dinamo kaca mobil atau komponen-komponen beda yang dapat hidup ketika posisi kunci kontak pada posisi ACC ( dibaca Accecoris ).

Perlu anda ketahui bareng bahwa destinasi dari dimatikannya komponen-komponen assesoris ketika mesin berada di stater yaitu supaya arus yang berasal dari baterai tidak digunakan oleh komponen beda kecuali semuanya bakal terpakai guna memutar motor stater. Karena pada ketika itu, stater memerlukan arus yang besar dengan kisaran 8 Ampere guna tenaga pemutaran awal.

Sedangkan pada kunci kontak ( ignition swtich ) telah dirancang sedemikian rupa dimana pada ketika kunci kontak posisi Stater, maka komponen mobil yang memerlukan arus dari tegangan ACC bakal terputus mendadak dan hidup kembali saat posisi kunci kontak pada posisi IG (ignition).

Berikut ini adalahmekanisme pemutus dan penghubung yang terdapat di kunci kontak pada kendaraan ;
Diagram hubungan terminal pada kunci kontak
Keterangan Gambar :
Off : Mati
+ B : Tegangan Positif (+) batrai
ACC : Accecoris
IG : Igniton (On)
ST : Stater

Dari gambar diagram hubungan terminal pada kunci kontak diatas dapat anda pelajari bahwa :

1. Pada posisi OFF tidak terdapat terminal yang berbungan dengan + B, dengan begitu pada posisi ini seluruh komponen mati.

2. Pada posisi ACC, dimana terminal ACC bersangkutan dengan terminal +B, akibatnya seluruh komponen yang tergolong dalam ACC akan dapat dihidupkan.

3. Pada posisi IG, pada posisi ini terminal yang bersangkutan yaitu terminal +B bersangkutan dengan terminal ACC dan IG. Artinya, bilamana kunci kontak dalam posisi IG, maka komponen-komponen yang tergolong dalam ACC dan IG akan dapat dihidupkan.

4. Dan yang terakhir pada posisi ST, yang mana pada posisi ini terminal +B bersangkutan dengan terminal IG dan ST. Sehingga komponen-komponen yang bersangkutan terminal IG bakal hidup pada ketika mesin di stater, tetapi tidak demikian dengan komponen-komponen yang bersangkutan dengan terminal ACC. Mereka bakal mati saat kunci kontak dalam posisi ST.